Gempa dan Tsunami di Kepulauan Mentawai


Pada akhir oktober lalu, tepatnya di tanggal 26 tahun 2010 sebuah bencana terjadi di sebuah kepulauan yang begitu indah dan sempurna di mata wisatawan mancanegara. Inilah surga para surfer di Indonesia juga wisatawan asing selain Bali, ya…..pulau ini bernama Mentawai. Keindahan itu berubah seketika saat gempa yang berkekuatan 7,2 scala richter mengguncang, kemudian tak berapa lama disusul oleh tsunami setinggi 7 meter yang menghempaskan seluruh kehidupan yang ada di sekitar kepulauan itu.

Porak poranda, hancur berantakan tak bersisa dan berjatuhan korban adalah gambaran yang diperlihatkan oleh alam untuk makhluknya. Jasad-jasad orang tak berdosa bergelimpangan, ribuan mayat berserakan dan korban luka-luka pun berjatuhan. Tangis dan jerit pilu mengiris semua korban yang merasakan kehilangan.

Kesedihan mendera kini….. tak ada tempat untuk mereka mengungsi karena semuanya telah menyatu dengan tanah. Air mata pun tak pernah berhenti menetes dari mata mereka yang merasakan kepedihan. Siapa yang patut dipersalahkan atas bencana yang terjadi …???? mungkinkah ini semua bisa dihindari, andai saja pemerintah mau peduli..??.
-----------------------------------------------------
Mereka semua butuh pertolongan, butuh hiburan untuk menghilangkan ketakutan mereka dan dapat menatap kembali dunianya yang telah luluh lantak tak bertuan.  Tangisan para korban mengiringi hancurnya kepulauan yang dulu begitu mereka cintai, mereka kagumi karena keindahannya. Tak ada lagi kini mentawai yang begitu mempesona para wisatawan local maupun mnacanegara. Yang tertinggal adalah kenangan pedih yang menyayat hati.

Sejujurnya tak kan ada yang mampu mengobati, namun yang pasti adalah bagaimana cara memperbaiki semua yang telah berakhir  tanpa  adanya reaksi. Mentawai memerlukan uluran tangan dari semua saudara yang ada di Negara kita tercinta. Bukan senyum kepalsuan melainkan keikhlasan  hati karena adanya nurani.

Andai saja pemerintah dapat mengambil langkah yang pasti untuk melindungi, mungkin saja bencana ini akan bisa diatasi lebih dini. Tak ada yang bisa menjamin di dunia ini jika semua kan kekal abadi. Mentawai kini memang tak seindah dulu, tapi ada yang tetap harus di ingat adalah bahwa mentawai juga merupakan asset bangsa yang berharga dan wajib dipelihara.

Mentawai oh mentawai…..
Indahmu kini tak lagi berseri
Kepiluan mengiris hati
Ketika bencana datang bertubi
Adakah yang dapat memberi arti
Saat ribuan nyawa ditelan bumi pertiwi
Berilah kami ketenangan hati
Tuk menatap hidup lebih pasti
Dan menjalani hari tanpa sunyi

#Ada sesuatu yang indah di balik setiap peristiwa….#

Comments

Popular posts from this blog

Cinta (penipuan) Berkedok Pelayaran

Leboy..

Pura Kawitan "Arya Pengalasan" Lampung