Sudahkah Anda Menyayangi Diri Sendiri..??

Saat gue baca artikel ini, gue ngerasa emang ada benarnya juga. Terkadang kita merasa gak berharga hanya karena kita sampai saat ini belum menemukan pasangan yang cocok. Terlebih karena sudah terlalu lamanya kita menyandang status "single atau jomblo". Single itu menurut gue adalah pilihan, karena untuk apa kita menjalani suatu hubungan jika kita tidak mengerti makna hubungan tersebut dan dengan siapa kita berhubungan. Artikel dibawah cukup membuat gue tersadar bahwasannya "sesuatu yang terbaik tidak akan datang dengan mudah, membutuhkan waktu yang tepat untuk bisa menemukannya".

Ada ungkapan yang bilang bahwa kita nggak akan bisa seratus persen membahagiakan orang lain kalau diri kita sendiri nggak bahagia. Dan salah satu upaya agar diri kita bahagia adalah dengan mulai menyayangi diri sendiri.

Mungkin banyak dari Anda yang berpikir, ‘Ya elah, Siapa sih di dunia ini yang nggak sayang sama dirinya?’ Yes, saya setuju dengan Anda, tapi kadang kita lupa bahwa ada hal-hal yang tanpa kita sadari lakukan atau pikirkan, yang menunjukkan bahwa kita nggak menghargai dan menyayangi diri kita dari yang seharusnya.

1. “Kayaknya yang saya lakukan selalu salah”
 
Ah masak, sih? Coba ingat-ingat lagi, nggak mungkin banget apa yang Anda lakukan selalu salah. Pasti pernah ada yang benar. Melakukan kesalahan itu manusiawi—asal kita belajar dari kesalahan dan berusaha untuk nggak mengulanginya. Dan yang perlu diingat adalah: satu kesalahan bukan berarti kita nggak berharga. Ada kalanya memang kita nggak akan berhasil pada usaha pertama, tapi jangan biarkan diri kita menjadi down. Belajar dari kesalahan adalah salah satu kualitas diri yang perlu kita asah. Nggak gampang, tapi nothing worth having comes easy, right?

2. “Saya kan jelek”
 
Ah masa, sih? Coba bercermin lagi. Jangan-jangan merasa jelek karena belum keramas jadi rambutnya berminyak? Hehehe... Atau jangan-jangan kita nggak berhenti membandingkan diri kita dengan selebritas yang, sadar nggak sih, mereka itu kan bukan kayak orang biasa sehari-hari? Saya sendiri, sih, mungkin banyak yang berpendapat nggak cantik. Tapi karena saya tahu bahwa penampilan itu adalah penilaian pertama orang kepada kita, dan Tuhan memberikan wajah seperti ini yang nggak bisa ditawar-tawar lagi, maka saya memikirkan hal lain sebagai kompensasinya. Saya berusaha tampil menarik: wajah dan tubuh bersih serta wangi, rambut rapi, berpakaian pantas sesuai dengan situasi, dan yang paling penting: attitude. Mungkin kita nggak akan pernah dikenal dengan sebutan ‘cantik’, tapi bisa jadi kita dikenal sebagai, ‘si cewek baik hati yang senyumnya manis’ atau ‘si cewek ramah yang modis’.

3. “Nggak ada yang suka sama saya”
 
Ah masa, sih? Yakin keluarga Anda nggak menyukai Anda? Yakin kalau sahabat juga begitu? Hanya karena kita bukan Miss Popular yang disukai semua orang bukan berarti nggak ada yang menyukai kita sama sekali. Bahkan si Miss Popular pun pasti mengalami tidak disukai beberapa orang. Yang perlu kita ingat, hanya karena seseorang nggak cocok dengan kita, bukan berarti dia membenci kita. Dan ketika orang terdekat nggak mengacuhkan kita bukan berarti kita hidup sendirian di dunia ini. Bisa aja mereka sibuk dan ada urusan penting yang butuh perhatian. Kurangin drama deh, biar mengurangi kenegatifan dalam hidup.

4. “Apakah saya akan jomblo terus seumur hidup?”
 
Junior saya di kantor mengucapkan hal ini beberapa waktu lalu dan saya langsung melemparkan tatapan dingin. Usianya masih awal 20-an gitu lho. Perjalanan masih panjang. Hanya karena seumur hidup kita nggak pernah pacaran, atau kita menjalani kehidupan single selama beberapa waktu (atau beberapa tahun, atau bertahun-tahun), bukan berarti nggak akan ada jodoh buat kita. Siapa tahu memang belum bertemu. Siapa tahu Tuhan menyimpannya untuk kita nggak sekarang, tapi nanti. Hanya karena belum terjadi, bukan berarti tidak akan terjadi. Stay positive, dong!

5. “Saya tak suka diri saya.”
 
Seriously? Iya sih, kita kadang sebal sama diri sendiri karena melakukan hal bodoh, atau membuat kesalahan—tapi bukan berarti kita harus membenci diri kita. Hal apa pun yang membuat kita membenci diri kita adalah sesuatu yang nggak seharusnya. Ladies, seperti kata Cherrybelle, ‘kamu cantik, cantik, dari hatimu...’. Kalau kita merasa punya masalah dengan penampilan atau kepribadian, ada dua pilihan yang bisa kita lakukan: menerima atau mengubah. Setelah itu kita harus berdamai dengan keputusan kita tersebut.

Percayalah, kalau orang lain aja bisa menyayangi kita, kenapa kita nggak bisa melakukan hal yang sama?

Jadi, kalau sesuatu butuh momentum, maka saat ini adalah saat yang tepat untuk semakin menyayangi diri kita. Seperti kata Bruno Mars, you’re amazing just the way you are. So, love yourself!


Sumber:
http://id.she.yahoo.com/sudahkah-anda-menyayangi-diri-sendiri-seperti-yang-seharusnya-052107188.html

Comments

Popular posts from this blog

Cinta (penipuan) Berkedok Pelayaran

Leboy..

Pura Kawitan "Arya Pengalasan" Lampung