Yuuuk...Jalan-jalan ke Bali


Beruntung sekali gue terlahir di keluarga yang berasal dari Bali dan Jawa, jadi gue punya kampung dua yaitu Bali dan Surabaya. Banyak yang bilang kalau Bali itu indah, memang terbukti dengan semua keindahan pesona yang ada mampu menarik berbagai wisatawan baik domestic maupun asing. Disini gue mau coba share beberapa tempat wisata yang sudah pernah gue kunjungi selama di Bali dan mungkin bisa dijadikan referensi oleh teman2 untuk  berwisata. Yuuk guys….please check this out!!!

1.     Pantai Kuta
Kuta terkenal sebagai surganya untuk para peselancaratau surfing. Kuta terletak di selatan Denpasar dan hanya butuh waktu 15 menit untuk menuju kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kuta juga terkenal sebagai Sunset Beach karena pemandangan matahari terbenam yang diberikan membuat kesan tersendiri bagi yang melihatnya.

2.     Pantai Sanur
Sanur juga terletak di Denpasar dan butuh waktu 20-25 menit untuk sampai disana. Berbeda dengan Kuta yang selalu ramai dikunjuni wisatawan, Sanur terbilang sepi dengan ombaknya yang tidak terlalu besar. Sanur juga tidak kalah menarik dengan Kuta karena disini disajikan pemandangan matahari terbit atau Sunrise Beach.

3.     Hutan Mangrove
Hutan yang terletak di kawasan saung kawuh, Denpasar ini menyajikan pemandangan hutan bakau yang luas. Hutan ini terletak di sebelah kiri jalan raya By Pass Ngurah Rai, dan dari Sanur menuju arah Bandara Udara Ngurah Rai. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 5000, kita bisa menjelajahi hutan dengan menyusuri jembatan kayu yang panjang.

4.     Alas Kedaton
Tempat yang satu ini dipenuhi dengan monyet-monyet yang menurut saya sedikit galak dan kalong yang bergelantungan. Alas Kedaton sendiri terletak di desa Kukuh Kecamatan Marga + 4 km dari kota Tabanan. Pengalaman saya waktu kesana ketika adik saya masuk ke area alas kedaton dan membawa makanan jagung bakar, tiba2 dengan sergab monyet yang ada disana menghampiri dan menarik jagung itu dengan cepat. Hehehee….agak panic sedikit dan pasti takut, jadi saran yang bisa gue bilang adalah jangan bawa makanan apapun kesana, mending bawa diri aja.

5.     Monkey Forest
Hutannya para monyet ini terletak di Ubud, bedanya dengan alas kedaton adalah monyet disini cukup tenang dan tidak mengganggu. Mereka senang menghampiri wisatawan ketika diberi makanan.

6.     Tanah Lot Beach
Tanah Lot terletak di Tabanan, pantai yang indah dengan sebuah pura yang ada di tengahnya membuat takjub siapa saja yang datang. Ketika air laut surut, kita dapat menjangkau pura yang tak jauh dari bibir pantai ini, namun jika sebaliknya jangan harap bisa mendekati bibir pantai karena sudah tentu langsung disambut oleh ombak yang besar.

7.     Air Terjun Git Git
Air terjun yang terletak di Singaraja ini memang pantas dibilang indah dan mempesona karena air terjun ini kembar atau dikenal dengan nama air terjun campuhan. Untuk masuk ke tempat wisata ini, cukup dengan membayar Rp. 5.000 dan tidak hanya air terjun campuhan saja yang ada disini tapi ada satu lagi air terjun yang berada dikawasan ini.

8.     Pasar Seni Sukawati
Pasar tradisional ini menyediakan barang-barang untuk oleh2 seperti bed cover, baju bali, kain bali, tas dan sandal bali serta lukisan2 dan ukiran khas bali. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah dan terjangkau oleh para wisatawan yang hobinya berbelanja.

9.     Kintamani
Kintamani adalah pegunungan yang diselimuti oleh kabut dan dikelilingi oleh danau Batur. Udara disini cukup sejuk dan membantu paru2 untuk bernafas dengan baik. Di sekitaran Kintamani banyak pedagang yang menjajakan jualannya seperti gelang, kalung, topi bahkan sampai tato temporary.

10.   Istana Tampak Siring
Selain ada istana, di tempat ini juga menyediakan pemandian suci yang biasanya digunakan oleh orang-orang setempat untuk mandi kemudian dilanjutkan bersembahyang di pura sekitaran wisata ini.

11.   Ubud
Ubud terkenal sebagai pusatnya seni, banyak museum yang ada di desa ini. Semua menyimpan keunikan dan kesenian khas pulau dewata.

12.   Bali Zoo Park
Kebun binatang di bali ini cocok untuk liburan keluarga, karena selain memberikan hiburan juga memberikan pengetahuan tentang beragam satwa yang dipelihara. Harga tiket masuknya pun terjangkau, sekitar Rp 50.000 untuk wisatawan domestic. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Bali Bird Park atau tepatnya di daerah Singapadu, Gianyar.

13.   Bali Bird Park
Berada tak jauh dari Bali Zoo Park, Bali Bird Park menawarkan keindahan yang dimiliki oleh berbagai jenis burung yang dipelihara dengan baik disini. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai atraksi yang unik dan lucu dari beberapa koleksi burung2 yang ada.

14.   Pantai Lebih
Pantai ini biasanya digunakan untuk upacara adat sebelum dan sesudah Ngaben. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga jarang digunakan untuk berselancar ataupun sekedar berjalan-jalan dipinggir pantainya. Namun disekitaran pantai ini banyak yang berjualan makanan yang bahan dasarnya ikan seperti yang terkenal sate dan supnya.

15.   Kebun Raya Bedugul
Kebun raya Eka Karya Bali atau yang sering disebut dengan kebun raya Bedugul terletak di wilayah kabupaten Tabanan. Kebun raya ini mempunyai luas sekitar 157,5 ha dan jenis tanaman koleksinya adalah anggrek, kaktus, paku/pakis, bambu dan palma.

16.   Uluwatu
Pura Luhur Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung sekitar 25 KM ke arah selatan dari wisata Kuta, berada di ujung barat daya Pulau Bali. Disini banyak terdapat moyet yang berkeliaran, tips yang bisa gue kasih adalah jangan menggunakan aksesoris apapun untuk menghindari serbuan monyet2 yang ada. Di waktu2 tertentu tiap menjelang malam, diadakan pentas seni tari kecak untuk menghibur wisatawan yang datang. Di tempat ini juga kita disuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

17.   Pura Besakih
Pura Besakih adalah adalah pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping ( 1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya).

18.   Lapangan Renon, Bali
Lapangan Renon terletak di kota Denpasar, lebih tepatnya Denpasar Selatan Desa Renon, sebelah timur Kelurahan Panjer dan sebelah barat kelurahan Sanur. Lapangan ini biasanya ramai ketika malam hari karena dipenuhi oleh kaum muda yang ingin bersantai dengan pasangannya. Di tengah lapangan ini juga terdapat museum.

19.   Pura Goa Lawah
Pura Goa Lawah terletak sekitar 49 KM dari Denpasar tepatnya di Kecamatan Dawan, Klungkung atau sekitar 10 KM sebelah timur kota Semarapura. Pura yang dihuni oleh ribuan kelelawar ini biasanya digunakan untuk upacara persembahyangan dan dijadikan objek wisata.



Comments

Popular posts from this blog

Cinta (penipuan) Berkedok Pelayaran

Leboy..

Pura Kawitan "Arya Pengalasan" Lampung